Sarolangun Dijatah 40 CPNS 2013


Persiapkan diri menghadapi CPNS 2013 dari sekarang. Download latihan soal CPNS 2013 Disini

Para pencari kerja yang berminat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus bersabar menunggu formasi yang diterima dari enam kabupaten/kota yang menerima CPNS tahun 2013 di Provinsi Jambi. Pasalnya, meski telah ditetapkan olah KemenPAN-RB menerima CPNS 2013, rata-rata pemerintah daerah (Pemda) belum mengetahui formasi CPNS yang diterima.

Seperti Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh yang memprioritaskan perekrutan CPNS umum tahun 2013 untuk formasi tenaga pendidik (guru) dan tenaga medis (kesehatan). Disisi lainnya, Pemerintah Kabupaten Kerinci tidak menerima PNS untuk lulusan SMA. Sedangkan, Pemerintah Kota Sungaipenuh, tahun ini menerima PNS untuk pendidikan SMA. "Sampai sekarang jurusan belum di tentukan oleh Kemenpan, karena persetujuan prinsip belum belum ditanda-tangani. Mungkin minggu ini persetujuan prinsip ditanda-tangani dan dalam minggu ini sudah diketahui formasi apa yang disetujui Kemenpan," ujar Sutrisno Kabid PKMP Badan Kepegawaian Daerah Kota Sungai Penuh.

Dijelaskannya, berdasarkan usulan yang diberikan BKD Kota Sungaipenuh kepada kemenPAN-RB sebanyak 1125 orang, namun, dari usulan itu berapa banyak yang disetujui, belum diketahui. Namun, lanjutnya, prioritas perekrutan CPNS adalah untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan. Kalaupun ada yang teknis, itupun untuk penyuluh pertanian, peternakan dan penyuluh Keluarga Berencana (KB).

Lantas apakah pemerintah Kota Sungaipenuh merekrut lulusan SMA? Menurutnya, untuk tahun ini Kota Sungaipenuh menerima CPNS untuk lulusan SMA. Lulusan SMA tersebut, lanjutnya, untuk tenaga pemadam kebakaran, polisi pamong praja dan pengantar surat. Selain itu, kata dia, Kota Sungaipenuh juga melakukan seleksi CPNS Kategori 2, dimana, untuk seleksi kategori 2 dan seleksi umum dilakukan oleh pemerintah pusat. "Kita juga melakukan seleksi kategori dua. Baik itu seleksi kategori dua atau umum dilakukan oleh pemerintah pusat, sedangkan kita hanya menyediakan tempat saja," bebernya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kerinci Evron Edison, SE mengatakan, untuk formasi umum pemerintah Kabupaten Kerinci akan menggelar bulan Oktober atau November. Sebab, lanjutnya, dalam perekrutan CPNS umum dibiayai oleh Pemerintah Daerah. Sedangkan, untuk CPNS kategori 2 akan digelar September. "Umum dananya ditanggung daerah, kita masih menunggu APBD–Perubahan, kemungkinan akan digelar Oktober atau November. Sedangkan, Kategori 2 digelar bulan September karena dananya ditanggung pusat. Sedangkan kita hanya menyediakan tempat saja," terangnya.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Kerinci tahun 2013 ini tidak menerima lulusan SMA, akan tetapi hanya menerima sarjana. Menurutnya, untuk formasinya tetap diprioritaskan untuk tenaga guru dan kesehatan. "Kalau umum tidak menerima sarjana. Kalau Kategori dua mana yang masuk kita tampung semua, mulai dari pendidikan SD, SMP dan SMA," terangnya.

Bagaimana dengan Pemda Sarolangun? Dikonfirmasi kemarin, Kabupaten Sarolangun sedikit lebih maju dari kabupaten lainnya. Sebab, Pemda Sarolangun telah mengetahui kuota yang diterima yaitu hanya 40 kursi. Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Sarolangun, Amaldi, melalui Kabid Mutasi dan Formasi, Efriyanto, kemarin, mengatakan, pihaknya baru dapat informasi bahwa Sarolangun tahun 2013 ini hanya dapat jatah kursi CPNS baru sebanyak 40 orang.

"Tadi saya sudah diinformasikan oleh sekda, jumlahnya sudah pasti, namun teknis penerimaan dan pembagian formasi masih menunggu pemberitahuan dari pak sekda, kemarin beliau yang koordinasi langsung ke pusat," sebutnya.

Secara terpisah, Sekda Sarolangun, H. Thabroni Rozali, ketika dikonfirmasi, mengatakan, memang tahun 2013 ini Kabupaten Sarolangun hanya mendapat jatah sedikit untuk penerimaan CPNS dari jalur umum. "Hanya 40 kursi, hal ini kemungkinan disebabkan karena tahun ini juga aka nada penerimaan dari jalur test khusus honorer kategori II," sebutnya.

Terkait formasi 40 orang tersebut, alokasinya sudah dipastikan sebanyak 55 persen untuk tenaga guru. "Jadi sekitar 20 orang formasi guru, seperti guru MIPA, guru kelas, bahasa inggris, dan kimia dan fisika," kata Thabroni. Sisanya lagi, sekitar 35 persen dari 40 formasi tersebut dialokasikan untuk tenaga kesehatan, yakni dokter, dokter gigi, perawat dan bidan, yang jumlah keseluruhanya sekitar 15 orang. "Nah, sisanya 10 persen untuk tenaga teknis, yakni empat orang," jelas Sekda.

Terkait proses penerimaan, Dia mengatakan, proses rekrutmen, agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yakni, meski testnya tetap tertulis, namun ada dua tahapan, yakni, test kompetensi dasar (TKD) dan Tes Kompetensi funsional (TKF). "Seleksi tertulis ada dua tahap, tahap pertama TKD, dimana untuk soal TKD diformulasikan oleh tim perguruan tinggi yang ditunjuk oleh BKN, dimana nanti setelah lulus administrasi para pelamar baru bisa mengikuti TKD, nah bagi yang tidak lulus TKD tidak bias mengikuti TKF," sebutnya.

Untuk TKF, soal yang akan diujikan, diformulasikan oleh departemen teknis yang terkait. "Artinya kemungkinan pada tahap test TKD, akan ada perbedaan soal antara formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis," sebutnya.

Lebih jauh, terkait masalah tahapan penerimaan, Thabroni, mengatakan, belum ada pentunjuk resmi, namun kemungkinan besar akan dimulai sekitar akhir bulan September memdatang. "Namun semuanya tergantung pusat, masih bias saja molor," pungkasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tebo, malah tertinggal dengan kabupaten lainnya. Pemda Tebo, baru akan mengusulkan kembali jumlah formasi CPNS tahun 2013 sebelum bulan September 2013 mendatang, sesuai dengan hasil rapat koordinasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pengadaan CPNS Tahun 2013 pada Kamis, tanggal 18 Juli 2013 lalu.

Rapat koordinasi tersebut antara lain dalam rangka membangun persepsi yang sama mengenai pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pengadaan CPNS bagi seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pemerintah Pusat maupun daerah dan penetapan jumlah Formasi CPNS untuk pelamar umum pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2013.

Terkait hal ini, Kepala BKD Kabupaten Tebo, melalui Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tebo, Eko Nuryanto ketika dikonfirmasi mengatakan, pada rapat koordinasi di Jakarta Kamis itu dibahas soal peneriaan CPNS 2013 termasuk soal pelaksanaan ujian K2 dan pelamar umum. "Dalam rapat kemarin dibahas soal rencana pendaftaran CPNS 2013 termasuk di dalamnya info tentang K2 dan pelamar umum, dan juga jumlah kuota dan tekhnis pelaksanaannya," ujar Eko.

Dijelaskannya, dalam rapat tersebut teknisnya diserahkan kepada pemerintah daerah melalui Provinsi untuk menentukan jadwalnya termasuk di dalamnya ujian K2 dan pelamar umum. Hanya saja, KemenPAN-RB meminta agar jumlah setiap formasi kembali diajukan kepada mereka untuk menentukan jumlah kuota setiap daerah.

"Saat ini kita masih menunggu surat dari Pusat tentang petunjuk pengajuan kembali jumlah dan formasi CPNS untuk 2013, meskipun sebelumnya sudah diajukan tapi Menpan meminta kembali diajukan sesuai dengan kebutuhan setaip formsinya," jelas Eko.

Lanjutnya, surat tersebut kemungkinan Senin (hari ini,red) sudah diterima oleh BKD Tebo. Kemudian pihak BKD akan mepelajari tekhnis pengajuannya, setidaknya 2 tau 3 hari kedepan formasi yang diminta sudah dikirimke pusat. "Untuk K2 dan umum pada minggu ke 4 bulan September 2013 ini sudah harus dilaksanakan Proses tes, maka dari itu kita akan mempercepat mengajukan jumlah formasi baru yang dibutuhkan, sehingga jumlah kuota untuk Tebo segera bisa diketahui.

Selanjutnya, Pemda Batanghari juga termasuk salah satu Kabupaten yang diberi kesempatan oleh KemenPAN-RB, untuk melaksanakan tes CPNS tahun ini. Informasi itu ternyata baru diketahui Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, Drs Ali Redo. Dia mengaku mendapatkan informasi itu setelah membaca surat kabar. " Saya baru baca di Koran tadi (kemarin). Batanghari salah satunya," Kata Ali Redo, saat ditanyai di depan ruang kerjanya, kemarin.

Ali Redo mengatakan, belum bisa memastikan apakah Pemda Batanghari akan mengambil kesempatan itu atau tidak. Sebab, Semua tergantung dari keputusan Bupati. "Nanti akan saya lapor ke bapak bupati dulu. Diterima atau tidak, itu tergantung beliau," kata Sekda.

Sekda sendiri belum tahu jumlah Quota dan formasi yang diberikan Kemen PAN-RB ke Pemda Batanghari. Termasuk teknis pelaksanaan tes CPNS pada tahun ini. "Saya belum tahu juga. Yang jelas, peluang ini kita lapor ke bupati dulu. Diambil atau tidak nanti beliau yang mutuskan," tutup Ali Redo sambil berlalu.

Kabar gembira juga datang dari Kabupaten Bungo yang kembali akan mengadakan penerimaan CPNS. Kepala BKD Bungo Yusuf ketika dikonfirmasi tak membantah kabar gembira tersebut, namun dirinya masih tetap tak mau memastikan Bungo akan mengadakan penerimaan CPNS tahun ini. Namun Yusuf mengaku jika pemberitahuan tersebut masih sebatas informasi. "Belum dapat menjadi dasar yang kuat, belum pasti, tapi informasinya begitu," jawabnya.

Dirinya juga menegaskan, saat ini pihaknya masih akan menunggu persetujuan pusat terkait kuota serta formasi yang akan disetujui sesuai yang diajukan kemarin. Pihaknya mengaku belum bisa memaparkan kuota serta formasi kepada masyarakat karena belum ada surat resmi yang dilayangkan oleh Pusat. "Kita diberi kesempatan, tapi berapa kuota, dan bagaimana kelanjutannya, kita masih menunggu," jelasnya.

Meski demikian, Yusuf berani memberi kepastian 90 persen, untuk selebihnya masih ada di tangan pusat, karena APBD Kabupaten Bungo Tahun 2013 ini masih acuan pusat. "Peluang besar, namun semua masih tergantung pusat," akunya. Sementara itu, untuk persiapan, Yusuf mengaku belum membentuk panitia penerimaan CPNS.


Lulus CPNS tanpa usaha itu mustahil. Jika anda belum Lulus CPNS dan sangat berminat menjadi seorang PNS satu-satunya cara adalah dengan belajar Soal-Soal CPNS. Latihan Soal CPNS jauh hari sebelum ujian, Lebih awal lebih baik karena anda bisa mengulangi Latihan Soal CPNS sampai mahir menguasai semua materi Soal CPNS.

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS dengan metode yang tepat, Anda bisa menggunakan Software Latihan Soal CPNS yang berisi Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban dan Pembahasannya, Prediksi Soal CPNS yang sering muncul, Praktek Nyata Simulasi Ujian CPNS mirip ujian CAT CPNS dan ditambah Ratusan Bonus Gratis materi yang terkait. Paket Latihan Soal CPNS ini telah terbukti membantu teman-teman yang Lulus Ujian CPNS tahun-tahun sebelumnya. Untuk mendapatkan Software ini Selengkapnya Baca Disini.
Share this article :

Post a Comment

 
Tentang Kami | Privacy Policy | Terms & Conditions | Hubungi Kami
Copyright © 2012. Pendaftaran CPNS 2013 - All Rights Reserved
Template by Creating Website Powered by Blogger
| Bloggers